PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP PADA MATERI GERAK LURUS

Main Author: Rani Rohmanita Sari, 1513022032
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKUKTAS KIP , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/62314/1/Abstrak.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62314/2/SKRIPSI%20FULL%20RANI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62314/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62314/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan Literasi Sains pada materi gerak lurus. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Desain penelitian yang digunakan pada pengembangan ini mengacu pada Lee dan Owens dengan tahapan yang terdiri dari analyze, design, development, implementation, evaluation. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas, pedoman wawancara, angket uji keterbacaan seta soal pretest dan posttest. Berdasarkan hasil uji validasi uji materi dan desain, LKS yang dikembangkan sudah layak digunakan. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata skor uji validitas uji ahli materi sebesar 0,90 dengan kriteria validitas sangat tinggi. Hasil uji validitas ahli desain mendapatkan skor rata-rata sebesar 0,90 dengan kriteria validitas sangat tinggi. Berdasarkan uji kepraktisan LKS yang dikembangkan menarik, mudah, dan bermanfaat. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata skor pada aspek kemenarikan sebesar 0,82 dengan kriteria sangat baik. Aspek kemudahan penggunaan LKS mendapatkan rata-rata skor sebesar 0,84 dengan kriteria sangat baik. Aspek kemanfaatan penggunaan LKS mendapatkan rata-rata skor sebesar 0,90 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan uji kefektivan, LKS yang dikembangkan efektif dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai n-gain sebesar 0,9 dengan kriteria tinggi, dan nilai sig. pada uji sample paired T sebesar 0,000. Guru dan siswa juga memberikan respon yang baik terhadap LKS. Simpulan dari penelitian ini adalah dihasilkan LKS berbasis inkuiri terbimbing yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan Literasi Sains siswa. Kata kunci : LKS, inkuiri terbimbing, Literasi Sains