HUBUNGAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI EKOSISTEM
Main Author: | NANDA PERTIWI, 1513024032 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/62295/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/62295/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/62295/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/62295/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelaksanaan praktikum dan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 15 Bandar Lampung pada materi ekosistem. Sampel penelitian adalah kelas X MIA 3 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Data penelitian berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, angket, dan ulangan harian. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi pearson menggunakan program SPSS Statistics 17.0. Hasil penelitian Uji korelasi pada penelitian ini menggunakan korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan korelasi praktikum XI dengan hasil belajar Y (sig -2Tailed) yaitu 0.087 > 0.05 berarti terdapat hubungan antara pelaksanaan praktikum dan hasil belajar peserta didik. Selanjutnya hasil uji korelasi keterampilan proses sains X2 dengan hasil belajar Y (sig -2Tailed) yaitu 0.065 < 0.05 yang berarti terdapat hubungan antara keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik. Kemudian hasil penelitian menunjukkan hasil uji korelasi ganda hubungan pelaksanaan praktikum dan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar memperoleh (sig regresi) yaitu 0.311 > 0.05 yang berarti tidak terdapat hubungan antara pelaksanaan praktikum dan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 15 Bandar Lampung pada materi ekosistem. Kata kunci: hubungan, praktikum, keterampilan proses sains, hasil belajar, ekosistem