PENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI SMA AL AZHAR BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Main Author: | JULIA MUSTIKA , 1313052030 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/62293/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/62293/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/62293/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/62293/ |
Daftar Isi:
- Masalah penelitian ini adalah motivasi belajar. Permasalahan penelitian adalah “Apakah motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok”. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI SMA Al Azhar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah metode pre eksperiment dengan desain one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, sedang dan tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon, diperoleh angka probabilitas 0.028. Didapat probabilitas kurang dari 0,05 (0,028<0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada motivasi belajar sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok. Hasil analisis juga memperlihatkan peningkatan sebesar 26%. Kesimpulannya adalah motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa SMA Al Azhar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata kunci: bimbingan konseling, bimbingan kelompok, motivasi belajar The problem with this research is learning motivation. The research problem is "Whether learning motivation can be improved through group guidance services". The research objective was to determine the increase in learning motivation through group guidance services in class XI Al Azhar Bandar Lampung High School Academic Year 2019/2020. This research method is a pre-experimental method with one-group pretest-posttest design. Research subjects were 6 students who had low, medium and high learning motivation. Data collection techniques using a scale of learning motivationThe results of data analysis using the Wilcoxon test, obtained a probability value of 0.028. Obtained a probability of less than 0.05 (0.028 <0.05) then Ho is rejected and Ha is accepted, meaning that there is a significant increase in learning motivation before and after being given group guidance services. The analysis also showed an increase of 26%. The conclusion is that learning motivation can be improved through group guidance services for Al Azhar Bandar Lampung High School students in 2019/2020 Academic Year. Key words: counseling guidance, group guidance, learning motivation