PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS V SDN 4 METRO UTARA

Main Author: APRILIA ANWAR, 1613053057
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/62283/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62283/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62283/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62283/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V SDN 4 Metro Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V SDN 4 Metro Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi exsperiment tipe non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 peserta didik dan menggunakan sampel jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan soal essay. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes, sedangkan analisis data menggunakan rumus uji regresi linier sederhana. Hasil analisis data uji regresi linier sederhana menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V SDN 4 Metro Utara. Kata kunci: discovery learning, kemampuan berpikir kreatif.