PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN LITERASI SAINS

Main Author: NINING KURNIASIH, 1723025012
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/62246/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62246/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62246/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62246/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian pengembangan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis socioscientific issues pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains yang valid, praktis dan efektif. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Sampel pada tahap uji coba terbatas yaitu 20 peserta didik kelas VII. Tahap uji coba luas sampel yang digunakan adalah dua sekolah dimana masing-masing sekolah diambil satu kelas sebagai sampel. Satu kelas pada sekolah pertama sebagai kelas eksperimen 1 dan satu kelas lagi pada sekolah kedua sebagai kelas eksperimen 2 yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Pembelajaran pada kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 menggunakan LKPD hasil pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis socioscientific issues (SSI) untuk meningkatkan literasi sains dinyatakan valid ditinjau dari aspek isi, konstruksi dan bahasa dengan rata-rata 91.15% dengan kriteria sangat tinggi. Kepraktisan LKPD berbasis SSI ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa rata-rata persentase sebesar 89.72% dengan interpretasi hampir seluruh aktivitas terlaksana, respon peserta didik 91% dan respon guru 95% dengan kategori sangat tinggi. Kefektifan LKPD berbasis SSI ditinjau dari soal tes kemampuan literasi sains menunjukkan hasil nilai n-gain kelas eksperimen 1 sebesar 0.63 dan eksperimen 2 sebesar 0.61 keduanya dengan kriteria sedang. Hasil effect size kelas eksperimen 1 93% dan eksperimen 2 92% keduanya dengan keriteria besar. Kata kunci : LKPD, Socioscientific Issues, dan Literasi Sains Skills