PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 6 PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 10 METRO TIMUR

Main Author: WIWIK HIDAYATI, 1613053072
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/62207/4/ABSTRAK%20%28ABSTRACK%29.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62207/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62207/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62207/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri 10 Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative script dengan media visual terhadap hasil belajar. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 44 peserta didik. Sampel penelitian menggunakan sampel jenuh dengan semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes dan teknik tes. Hasil pengujian hipotesis diperoleh data thitung > ttabel berarti Ha diterima, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. Kata kunci: cooperative script, hasil belajar, media visual. ABSTRACT The problem in this research is the low thematic learning outcomes of students in grade V of SD Negeri 10 Metro Timur. The purpose of this research was to know the influence of cooperative script learning models with visual media on learning outcomes. This type of research is an experimental research with non-equivalent control group design. The population in this research amounted to 44 students. The research sample using saturated sample with all members of the population used as a sample. The data collection technique was carried out using non-test and test techniques. The results of hypothesis testing obtained data tcount> t table means Ha is accepted, there is a positive and significant influence. Keywords: cooperative script, learning outcomes, visual media.