PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP
Main Author: | Lorena Br Ginting, 1513022034 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/62191/1/1.ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/62191/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/62191/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/62191/ |
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi bidang miring dan tuas yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan pada pengembangan ini mengacu pada model ADDIE ( Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara,lembar validitas, dan angket uji keterbacaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan memiliki kevalidan yang tinggi. Hal tersebut dapat dilihat pada tahap pertama yaitu uji kevalidan LKS yang divalidasi oleh tiga orang validator meliputi ahli materi dan ahli media. Rata-rata persentase penilaian ahli diperoleh 87,55% dari ahli materi dan 91,01% dari ahli media. Rata-rata penilaian ahli tersebut memenuhi kriteria sangat valid. Tahap kedua yaitu uji kepraktisan, diperoleh dari respon siswa kelas VIII A dan B terhadap LKS. Persentase rata-rata respon siswa diperoleh 92% dari kelas A dan B. Rata-rata penilain siswa tersebut memenuhi kriteria sangat baik. Pada tahap berikutnya yaitu uji keefektifan dilihat dari hasil belajar siswa. Hasil rata-rata nilai pretest adalah 50,75 pada kelas A dan 48,83 pada kelas B,sedangkan rata-rata nilai posttest adalah 80,67 pada kelas A dan 81,33 pada kelas B. Nilai sig. pada uji paired sample t diperoleh 0,00 pada kelas A dan B yang menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan keterampilan proses sains siswa setelah menggunkan LKS berbasis inkuiri terbimbing. Simpulan dari penelitian ini adalah dihasilkan LKS berbasis inkuiri terbimbing yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.