IMPLEMENTASI PENDEKATAN STEM DENGAN BERORIENTASI PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA

Main Author: MARDIYAH WIDYASMAH, 1513022044
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/62175/1/ABSTRAK%28ABSTRACT%29.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62175/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62175/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62175/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menerapkan pendekatan STEM yang berorientasi pada pembelajaran berbasis projek. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA N 01 Blambangan Umpu. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIA 2 SMA N 01 Blambangan Umpu. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Pembelajaran dilakukan dengan menempuh percobaan hukum pascal dengan pendekatan STEM. Data keterampilan berpikir kreatif siswa diperoleh dari proses pembelajaran berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan nilai N-gain dan Paired Sample T-Test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata N-gain nilai pretest dan posttes kemampuan berpikir kreatif sebesar 0,5 dengan kriteria sedang dan hasil uji paired sample t-test yang diperoleh bahwa tedapat perbedaan yang signifikan pada taraf kepercayaan 95%. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran STEM berbasis projek dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada taraf signifikan 0,000. Kata kunci: Kemampuan berpikir kreatif, STEM, PjBL. ABSTRACT This study aims to determine the improvement of students' creative thinking skills by applying a STEM approach oriented to project based learning. The population of this research is all students of class XI SMAN 01 Blambangan Umpu. The sample of this research is students of class XI MIA 2 SMA N 01 Blambangan Umpu. Sampling was done by purposive sampling technique. The research design used was One Group Pretest-Posttest Design. Learning is done by conducting a pascal's law experiment with the STEM approach. The results of students' creative thinking skills are obtained from the learning process in the form of pretest and posttest. Data analysis techniques using the value of N-gain and Paired Sample T-Test. Based on the results of the study obtained an average of N-gain pretest and posttest creative thinking abilities of 0.5 with moderate criteria and paired sample t-test results obtained that there were significant differences at the 95% confidence level. This shows that learning by using a project-based STEM learning approach can improve students' creative thinking skills at a significant level of 0,000. Keywords: Creative thinking skills, STEM, PjBL.