Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Main Author: Bunga Anggraini D C, 1513021051
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/62155/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62155/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62155/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62155/
Daftar Isi:
  • Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas modelthink pair shareditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasidalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20Bandarlampung tahun pelajaran2019/2020 sebanyak 252, yang terdistribusidalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII E sebanyak 31siswa dan VIII F31 siswa yang terpilih berdasarkan teknikcluster randomsampling. Desain yang digunakan adalahpretest-posttest controlgroupdesign.Data penelitian ini diperoleh tes pemahaman konsep matematis siswa yang materipola bilangan. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t dengan tarafsignifikanÉ‘ = 0,05. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pemahaman konsepmatematis siswa yang mengikuti pembelajaran TPS lebih tinggi daripada siswayang mengikuti pembelajaran konvensional dan diperoleh hasil persentaseproporsi terkategori baik lebih dari 60%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh simpulan bahwamodel pembelajaran kooperatif tipe TPSefektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.Kata kunci:EfektivitasKonsep Matematis siswa,Think Pair Share