PENGARUH MINAT, CARA BELAJAR DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X MA DAARUL MA’ARIF TAHUN AJARAN 2019/2020
Main Author: | TRY CITRA PUSPITASARI LUBIS, 1653031008 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/62145/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/62145/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/62145/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/62145/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat, cara belajar dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X Ma Daarul Ma’arif Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan Survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Ma Daarul Ma’arif Natar dengan jumlah 49 siswa dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan menggunakan sampling jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh minat belajar, cara belajar dan pemanfaatan media pembelajaran ICT terhadap hasil belajar siswa kelas X Ma Daarul Ma’arif Natar. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel atau 24,263 > 2,81 dan nilai signifikansi (sig.) < α (0,05) atau 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi (r2) diperoleh sebesar 0,61 yang artinya 61,8% hasil belajar dipengaruhi oleh minat belajar, cara belajar dan pemanfaatan media pembelajaran dan 38,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Hasil Belajar, Minat, Cara Belajar, Pemanfaatan Media Pembelajaran. The research aims to find out the influence of interests, the way of learning and the use of instructional media on learning outcomes toward economic subject in the first grade of Ma Daarul Ma’arif Natar in academic year 2019/2020. The researcher used descriptive verificative method with ex post-fact and survey approach. The researcher use on probability sampling by using sampling jenuh. The result of the research showed that there was an influence of interest, the way of learning and the use of instructional media on learning outcomes toward economic subject in the first grade of Ma Daarul Ma’arif Natar. This is evidenced by Fhitung > Ftable or 24,263 >2,281 and the significant of value (sig.) < α (0,05) or 0,000 < 0,05. The coefficient of learning outcomes were influenced by interest in learning, the way learning and the use of ICT and the remaining 38,2% were influenced by other variable not examined in this study. Keywords: Learning Outcomes, Interest, The Way Of Learning, ICT.