PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 34 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

Main Author: KANTI ARDIATI, 1313034052
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/62140/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62140/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62140/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62140/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kebiasaan belajar di rumah terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (2) pengaruh fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar IPS Terpadu, (3) pengaruh kebiasaan belajar dan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar IPS Terpadu di SMP Negeri 34 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui fakta-fakta yang ada di lapangan dan mengetahui faktor penyebabnya. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 189 siswa kelas VIII, dengan sampel sebanyak 47 siswa yang diperoleh menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada pengaruh kebiasaan belajar di rumah terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 34 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019 dengan kontribusi 53,6%, (2) ada pengaruh fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 34 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019 dengan kontribusi 49,6%, (3) ada pengaruh kebiasaan belajar dan fasilitas di rumah terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 34 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019 dengan kontribusi 54,4%. Kata kunci: kebiasaan belajar di rumah, fasilitas belajar di rumah, dan hasil belajar IPS Terpadu. This research was purposed to find out: (1) the effect of learning habit at home towards Integrated IPS learning result, (2) the effect of learning facilities at home towards Integrated IPS learning result, (3) the effect of learning habit and learning facilities at home towards Integrated IPS learning result in SMP Negeri 34 Bandar Lampung academic year 2018/2019. This research used ex post facto method that supposed to find out facts in the field and find out the causes factors. The population in this research amounted to 189 students of grade VIII, with 37 students as sample that obtained using proportional random sampling technique. Data collected through interview, observation, questionnaires, and documentation. Data analysis technique used simple linear regression and multiple linear regression. The result showed that: (1) there is an influence of learning habit at home towards learning result of students grade VIII in Integrated IPS subject at SMP Negeri 34 Bandar Lampung school year 2018/2019 with contribution 53,6%, (2) there is an influence of learning facilities at home towards learning result of students grade VIII in Integrated IPS subject at SMP Negeri 34 Bandar Lampung school year 2018/2019 with contribution 49,6% (3) there is an influence of learning habit and facilities at home towards learning result of students grade VIII in Integrated IPS subject at SMP Negeri 34 Bandar Lampung school year 2018/2019 with contribution 54,4%. Keywords: learning habit at home, learning facilities at home, and Integrated IPS learning result.