PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII
Main Author: | Hesta Anggia Sari, 1613022034 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/62079/1/01.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/62079/2/02.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/62079/3/03.%20SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/62079/ |
Daftar Isi:
- Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa sesuai dengan tuntutan pendidikan abad 21 yang diimplementasikan dalam kurikulum 2013 yang dipakai di Indonesia, namun kenyataannya masih banyak siswa yang belum menguasai keterampilan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan yang dilakukan, diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada kompetensi dasar yang terkategori C4 atau menganalisis, misalnya KD 3.11 terkait tata surya,sebanyak 17 dari 30 siswa mendapat skor dibawah rata-rata yaitu 68,45. Mata pelajaran fisika masih dianggap sulit dalam pemahaman konsepnya, sehingga berdampak pada rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa. Hal tersebut disebabkan oleh kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan, oleh karena itu dibutuhkan inovasi dalam penggunaan model pembelajaran sehingga keterampilan berpikir kritis siswa dapat meningkat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Brain-Based Learning (BBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dan perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis antara kelas yang menerapkan model pembelajaran BBL dengan kelas kontrol yang tidak dikenai model tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kotagajah, pada semester genap tahun ajaran 2019/2020, dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran BBL berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Kelas yang mengimplementasikan model pembelajaran BBL menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis yang lebih tinggi dengan rata-rata N-Gain 0,65 dibandingkan kelas kontrol yang tidak terpapar model Brain-Based Learning dengan N-gain 0,40. Kata kunci: Brain-Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Tata Surya