STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE MIND MAPPING PICTURE AND PICTURE DAN JIGSAW DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS IX

Main Author: AULIA NURUL FAUZI , 1653031005
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/62069/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62069/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62069/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62069/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan berpikir kritis siswa dengan menggunkaan model pembelajarn Mind Mapping, Picture and Picture dan Jigsaw dengan memperhatikan minat belajar siswa di SMP Negeri 2 Sungkai Utara. Penelitian ini menggunakan motode koopertif dengan pendekatan eksperimen. Popolasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu 3 kelas dengan jumlah 75 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan eksperimen (dengan test). Hipotesis diuji dengan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan berpikir kritis siswa yang menggunakan model Mind Mapping, picture and picture dan Jigsaw. Rata-rata berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dan Jigsaw untuk minat belajar tinggi dan minat belajar sedang. Sedangkan untuk minat belajar rendah rata-rata berpikir kritis Jigsaw lebih tinggi jika dibandingkan dengan model pembelajaran Mind Mapping dan Picture and Picture. Ada interaksi antara model pembelajaran dangan minat belajar siswa pada berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Berpikir kritis, Jigsaw, Minat Belajar, Mind Mapping, Picture and Picture. This research is motivated by the lack of critical thinking of students in learning social science. The objective of the research is aim to find out the comparison of students’ critical thinking by using mind mapping, picture and jigsaw learning model by paying attention to students’ learning interest at Junior high school 2 sangkai utara. This research used cooperatives methode with an experimental approach . The population and sample of the research were 3 classes with total of 75 students that taken by using cluster random sampling technique. Data collecting technique through observation, interview,documentation, questionnaire,experiment(withtest). Hypotheses were tested by two-way analysis of variance and two independent sample t-tests. The results showed there were differences in students' critical thinking using the Mind Mapping, picture and picture and Jigsaw models. The average critical thinking of students using the Mind Mapping learning model is higher when compared to students who use the Picture and Picture learning model and Jigsaw for high learning interest and moderate learning interest. As for low learning interest, the average critical thinking of Jigsaw is higher when compared to the Mind Mapping and Picture and Picture learning models. There is an interaction between learning models with students' interest in learning to think critically students. Keywords: Critical Thinking, Jigsaw, Learning Interest, Mind Mapping, Picture and Picture.