PENGEMBANGAN MULTIMEDIA FLIP MODULE BERBASIS 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL DENGAN PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI DISPERSI CAHAYA

Main Author: Hesti Herliantari, 1823022012
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/62047/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62047/3/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62047/2/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/62047/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian pengembangan untuk mengembangkan multimedia flip module berbasis 3D pageflip professional dengan pendekatan flipped classroom terintegrasi STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi dispersi cahaya yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa lembar validasi ahli untuk mengetahui kevalidan flip module yang dikembangkan, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon peserta didik untuk mengetahui kepraktisan flip module yang dikembangkan dan tes berupa soal kemampuan berpikir kreatif untuk mengetahui keefektifan flip module yang dikembangkan. Tim validator melakukan validasi terhadap flip module yang dikembangkan, validasi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan validasi angket respon peserta didik untuk mengetahui kepraktisan flip module yang dikembangkan. Hasil validasi menunjukkan flip module berbasis 3D pageflip professional terintegrasi STEM pada materi dispersi cahaya dinyatakan valid dengan persentase validasi isi materi 87% dan validasi isi media 86%. Flip module berbasis 3D pageflip professional terintegrasi STEM pada materi dispersi cahaya diimplementasikan dengan pendekatan flipped classroom dinyatakan praktis ditinjau dari: (1) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan flip module berbasis 3D pageflip professional dengan pendekatan flipped classroom terintegrasi STEM dengan persentase 81%; (2) kemampuan pendidik mengelola pembelajaran dengan persentase 81%; (3) respon peserta didik setelah penggunaan flip module dalam pembelajaran dengan persentase sebesar 82%. Hasil uji rata-rata N-Gain kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 0,65 pada kategori sedang lebih besar dari pada rata-rata N-Gain kelas kontrol sebesar 0,53. Hasil uji effect size sebesar 0,35 dalam kategori sedang sehingga multimedia flip module berbasis 3D pageflip professional dengan pendekatan flipped classroom terintegrasi STEM yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata kunci :3D Pageflip Professional, Dispersi Cahaya, Flip Module, Flipped Classroom, Kemampuan Berpikir Kreatif, Multimedia, STEM. . ABSTRACT This research is a research development to develop a multimedia flip module based on professional 3D page flip with an integrated STEM flipped classroom approach to improve students' creative thinking abilities in the topic of dispersion of light on valid, practical and effective. This study used ADDIE development model. The instrument used was a non-test to determine the validity of the flip module, observation sheet of the implementation of learning, and student questionnaire responses to determine the practicality of the flip module and test was a creative thinking test to determine the effectiveness of the flip module. The experts validated flip module, observation sheet of the implementation of learning, student questionnaire responses to determine the practicality of the flip module. The validation results show that the learning material STEM integrated 3D page flip professional-based flip module on the light dispersion is declared valid with a content validation percentage of 87% and media validation of 86%. The learning material STEM integrated 3D page flip professional-based flip module on the light dispersion material implemented using flipped classroom approach was practical view on: (1) the implementation of learning using a STEM integrated 3D page flip professional-based flip module on the light dispersion material with flipped classroom approach 81%; (2) the ability of teachers to manage learning 81%; (3) student responses after the use of the flip module in learning 82%. The average N-Gain test results of students’ creative thinking ability in the experimental class was 0.65 with categorizes medium which was greater than the average N-Gain in the control class which only 0.53. The effect size test results are 0.35 with categorizes medium the that the STEM integrated 3D pageflip professional-based flip module with flipped classroom approach is considered valid, practical and effective to improve students’ creative thinking ability. Keywords: 3D PageflipProfessional, Creative Thinking Ability, Dispersion of Light, Flip Module, Flipped Classroom, Multimedia, STEM.