ctrlnum 620
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 PRINGSEWU TIMUR SEMESTER GENAP&#xD; TAHUN PELAJARAN 2010/2011</title><creator> , ELINAWATI</creator><subject>BF Psychology</subject><subject>L Education (General) = Pendidikan </subject><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Hasil ulangan harian matematika kelas IV SD N 2 Pringsewu Timur pada semester ganjil tahun 2010/2011 masih di bawah standar KKM yang ditentukan oleh sekolah tersebut. Rendahnya hasil belajar pada siswa merupakan indikasi pembelajaran yang belum optimal. Oleh karena itu perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah pembelajaran melalui PMR.&#xD; Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD N 2 Pringsewu Timur.&#xD; Faktor yang diteliti adalah hasil belajar matematika. Data diperoleh melalui observasi ketika proses pembelajaran dan tes setiap akhir siklus.&#xD; Rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 62 dan rata-rata hasil belajar pada siklus II adalah 67 sehingga terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan. Pembelajaran dengan metode PMR dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Pringsewu semester genap tahun pelajaran 2010-2011 pada materi bangun ruang. Jadi persentase keberhasilan adalah meningkat sebesar 23%</description><publisher>Fakultas KIP</publisher><date>2011-09-23</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/620/1/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/620/2/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/620/3/Menyetujui.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/620/4/Pernyataan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/620/5/Mengesahkan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/620/6/Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/620/7/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/620/8/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/620/9/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/620/10/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/620/12/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/620/13/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Document:Archive</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/620/14/PDF.zip</identifier><identifier> , ELINAWATI (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 PRINGSEWU TIMUR SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/620/</relation><recordID>620</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Document:Archive
Document
Report:Report
Report
author , ELINAWATI
title UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 PRINGSEWU TIMUR SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010/2011
publisher Fakultas KIP
publishDate 2011
topic BF Psychology
L Education (General) = Pendidikan
LB Theory and practice of education
url http://digilib.unila.ac.id/620/1/Cover.pdf
http://digilib.unila.ac.id/620/2/Abstrak.pdf
http://digilib.unila.ac.id/620/3/Menyetujui.pdf
http://digilib.unila.ac.id/620/4/Pernyataan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/620/5/Mengesahkan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/620/6/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.unila.ac.id/620/7/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/620/8/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/620/9/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/620/10/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/620/12/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/620/13/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/620/14/PDF.zip
http://digilib.unila.ac.id/620/
contents Hasil ulangan harian matematika kelas IV SD N 2 Pringsewu Timur pada semester ganjil tahun 2010/2011 masih di bawah standar KKM yang ditentukan oleh sekolah tersebut. Rendahnya hasil belajar pada siswa merupakan indikasi pembelajaran yang belum optimal. Oleh karena itu perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah pembelajaran melalui PMR. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD N 2 Pringsewu Timur. Faktor yang diteliti adalah hasil belajar matematika. Data diperoleh melalui observasi ketika proses pembelajaran dan tes setiap akhir siklus. Rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 62 dan rata-rata hasil belajar pada siklus II adalah 67 sehingga terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan. Pembelajaran dengan metode PMR dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Pringsewu semester genap tahun pelajaran 2010-2011 pada materi bangun ruang. Jadi persentase keberhasilan adalah meningkat sebesar 23%
id IOS4198.620
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:03:51Z
last_indexed 2017-04-20T08:03:51Z
recordtype dc
_version_ 1686096517061935104
score 17.538404