PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUTEN DI EKSTRAKURIKULER SMA NEGERI 1 SEPUTIH RAMAN LAMPUNG TENGAH
Main Author: | NI NYOMAN ANGGA DEWIYANTI, 1613043007 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61987/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/61987/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61987/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61987/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran tari Sigeh Penguten meliputi proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Guru dan siswa adalah subjek pada penelitian ini. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, siswa ekstrakurikuler, foto, video serta data yang tersusun dalam bentuk dokumen. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data interaktif dengan langkah-langkah yaitu mereduksi data, kemudian menyajikan data, dan terakhir menarik kesimpulan. Berdasarkan data pengamatan, pada proses perencanaan guru selalu mempersiapkan perangkat pembelajaran serta media pendukung pembelajaran. Proses pelaksanaan pembelajaran, guru menggunakan metode demonstrasi dan tutor teman sebaya. Pelaksanaan pembelajaran tersebut terdapat kegiatan awal, inti, dan penutup, selanjunya saat proses evaluasi guru menggunakan 2 (dua) teknik evaluasi yaitu melakukan penilaian saat siswa sedang praktik, dan melakukan tes akhir secara berkelompok. Kata kunci: proses pembelajaran, tari Sigeh Penguten, ekstrakurikuler. ABSTRACT This study aims to describe the learning process of Sigeh Penguten covering the planning process, implementation, and evaluation. Teachers and students are subjects of this research. In the learning process, the teacher carries out the planning process of learning, implementing learning, and evaluating learning. The data sources used in this research are the teacher, extracurricular students, photos, videos and data that are arranged in the form of documents. The data analysis technique used in this study is an interactive data analysis technique with the steps of reducing data, then presenting data, and finally drawing conclusions. Has been prepared in the process of implementing learning. In the implementation process, the teacher uses a demonstration demonstration and peer tutors in which every lesson can be started, core, and closing activities. While the teacher evaluation process uses two evaluation techniques which carry out the assessment of the students during the practice, and carry out the final test as a group. Keywords: learning process, Sigeh Penguten dance, extracurricular activities.