PENGARUH MODEL PEROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 4 METRO BARAT
Main Author: | ENDAH CAHYANI, 1613053066 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61968/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/61968/4/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61968/5/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61968/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model PjBL terhadap kemampuan HOTS peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 4 Metro Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control grup design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 4 Metro Barat yang berjumlah 48 peserta didik. Hasil penelitian rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen tergolong tinggi yakni sebesar 0,79, dan pada kelas kontrol tergolong sedang yakni 0,66. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu 2,63 > 2,02 (dengan taraf signifikasi 5%) yang berarti Ha diterima. Hal tersebut berarti bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model PjBL terhadap kemampuan HOTS peserta didik kelas V SD Negeri 4 Metro Barat. Kata kunci: HOTS, PjBL, tematik. The in this study is the low level of thinking ability of students. This study aims to determine the positive and significant effect on the application of the PjBL model to the ability of students in class V of Elementary School Public 4 West Metro. This study uses an experimental study with a non-equivalent control group design research design. The population and sample of this research is 48 students in grade V of Elementary School Publik 4 West Metro. The results of the study average N-Gain in the experimental class is high, that is equal to 0, 79, and the control class is moderate, namely 0, 66. The results showed that tcount>ttable is 2, 63> 2,02 (with a significance level of 5%) which means that Ha was accepted. This means that there is a positive and significant effect on the application of the PjBL model to the ability of HOTS for students in class V of West Metro 4 Public Elementary School. Keywords: HOTS, PjBL, thematic