Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Sikap Peduli Lingkungan Peserta didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP Negeri 2 Pesawaran

Main Author: Mar'i Naufal Rafsanzani, 1513024040
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61947/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61947/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61947/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61947/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model project based learning dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan sikap peduli lingkungan peserta didik. Metode penelitian quasi experiment dengan rancangan pretest postest non equivalent control group design. Sampel penelitian kelas VII 1 dan VII 2 SMP Negeri 2 Pesawaran. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari nilai tes dan data sikap peduli lingkungan peserta didik diperoleh dari kuisioner yang kemudian dianalisis secara statistik menggunakan independent sample T test. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dengan rata-rata N-gain kelompok eksperimen lebih tinggi (0,33) dibanding kelompok kontrol (0,21) dengan keterlaksanaan kegiatan pembelajaran kelompok eksperimen sangat baik (90,62%). Selain itu, pengunaan model project based learning juga dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan secara signifikan dengan rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi (76,13) dibanding kelompok kontrol (69,30) sehingga kelompok eksperimen mendapatkan kriteria baik sedangkan kelompok kontrol mendapatkan kriteria cukup. Kata kunci: hasil belajar kognitif, project based learning, sikap peduli lingkungan