Efektivitas LKPD Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Penguasaan Konsep Peserta Didik
Main Author: | SITI NURJANAH, 1613023003 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61941/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/61941/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61941/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61941/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran menggunakan LKPD berbasis discovery learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan penguasaan konsep peserta didik pada materi persamaan laju dan orde reaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol diambil dengan teknik purposive sampling. Untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan penguasaan konsep peserta didik diukur dari perbedaan rata-rata nilai n-Gain keterampilan kolaborasi dan penguasan konsep peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dan berdasarkan perhitungan ukuran pengaruh. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa n-Gain keterampilan kolaborasi dan penguasaan konsep peserta didik pada pembelajaran menggunakan LKPD berbasis discovery learning berbeda secara signifikan dengan pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan LKPD berbasis discovery learning efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan penguasaan konsep peserta didik pada materi persamaan laju dan orde reaksi. Hasil ukuran pengaruh diperoleh LKPD berbasis discovery learning berpengaruh sedang terhadap peningkatan keterampilan kolaborasi peserta didik dan berpengaruh besar terhadap penguasaan konsep peserta didik. Kata kunci: efektivitas, LKPD berbasis discovery learning, keterampilan kolaborasi, penguasaan konsep. ABSTRACT This research is aimed to describe the learning effectiveness using LKPD based on discovery learning to enhance student’s collaboration skills and concept mastery in reaction rate and order equation material. The research method used was quasi-experimental by pretest-postest control group design. The sample in this research was the class of XI MIPA 1 as an experimental class and class of XI MIPA 2 as a control class, the samples taken from the population by purposive sampling technique. The enhancement of student’s collaboration skill and concept mastery measured by the difference of average n-Gain score student’s collaboration skill and concept mastery between experimental class and control class and based on the calculation of effect size. The result obtained to state that n-Gain of student collaboration skill and concept mastery in learning using LKPD based on discovery learning is significantly different from conventional learning. It can be concluded that learning using LKPD based on discovery learning is effective in enhancing student collaboration skill and concept mastery in reaction rate and order equation material. The result of the effect size obtained that LKPD based on discovery learning gives a moderate effect on enhancement student collaboration skills and give a big effect on student concept mastery. Keywords: the effectiveness, LKPD based discovery learning, collaboration skills, mastery of concepts.