HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 LABUHAN RATU 7

Main Author: BINTI MULYANI, 1653053031
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61938/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61938/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61938/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61938/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar tematik peserta didik yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi sosial peserta didik dan lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar tematik. Populasi berjumlah 56 peserta didik, teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh yang artinya semua populasi dijadikan sampel penelitian. Jenis penelitian ex-postfacto korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan studi dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi sosial peserta didik dan lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar tematik ditunjukkan dengan koefisien kolerasi berada pada taraf “Cukup kuat”. Kata kunci: hasil belajar, interaksi, lingkungan.