ANALISIS PELAYANAN PUBLIK PADA WILAYAH PEMEKARAN (Studi Kasus di Kantor Kecamatan Batu Ketulis Kabupaten Lampung Barat)
Main Author: | DENI ANDIKA PUTRA , 1516021134 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61925/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/61925/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61925/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61925/ |
Daftar Isi:
- Pelayanan yang diberikan Kecamatan Batu Ketulis Kabupaten Lampung Barat terhadap masyarakat selaku pengguna jasa diindikasikan masih rendah dan dipersulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik yang ada di Kecamatan Batu Ketulis Kabupaten Lampung Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah Purposive sehingga informan dalam penelitain ini berjumlah 8 orang, meliputi : Camat Kecamatan Batu Ketulis, Sekretaris Camat, Kepala Seksi Pemerintahan, dan masyarakat Kecamatan Batu Ketulis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kualitas pelayanan publik menurut Zeintahml, Pasuraman & Berry (Ratmiko Dan Atik Septi Winarsih, 2012:173) yang meliputi : Aspek tangibel, reliability, responsiviness, assurance, dan aspek emphaty. Hasil penelitian ini adalah: dari aspek-aspek pelayanan publik, pelayanan publik di Kecamatan Batu Ketulis hanya memenuhi tiga aspek yaitu : 1) Apek Realibility, ketepatan waktu dalam menyelesaikan dokumen. 2) Aspek Emphaty, adanya sodialisais yang diberikan kepada masyarakat oleh pemerintah kecamatan. 3) Aspek Assurance (Jaminan), Pegawai Kecamatan Batu Ketulis berperan sebagai komunikator dalam melayani masyarakat. Kata kunci :Pelayanan Publik,Pemekaran Wilayah The services provided by Batu Ketulis Subdistrict, West Lampung Regency to the community as service users are indicated to be still low and made difficult.With the expansion of Batu Ketulis, it is hoped that the community can easily receive the best service from sub-district staff, especially in terms of service. This study aims to determine the quality of public services in Batu Ketulis District, West Lampung Regency. This research uses a qualitative method with a case study approach. The technique of determining the informants in this study was Purposive so that the informants in this study numbered 8 people, including: Camat of Batu Ketulis Sub-District, Secretary of Camat, Head of Government Section, and community of Batu Ketulis Sub-district. The theory used in this research is the theory of public service quality according to Zeintahml, Pasuraman & Berry (Ratmiko And Atik Septi Winarsih, 2012: 173) which includes: tangible aspects, reliability, responsiviness, assurance, and empathy aspects. The results of this study are: from the aspects of public service, public services in Batu Ketulis Subdistrict only fulfill three aspects, namely: 1) Apek Realibility, timeliness in completing documents. 2) Emphaty aspect, there is sodialisais given to the community by the district government. 3) Assurance Aspect, Batu Ketulis District Employees act as communicators in serving the community. Keywoard : public services, the region of expansion