Efektivitas LKPD Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Penguasaan Konsep Peserta Didik
Main Author: | Sri Ayu Astari, 1613023002 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61918/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/61918/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61918/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61918/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas LKPD berbasis discovery learning untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan penguasaan konsep peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 6 Metro semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu pretest-postest kontrol grup design. Pengambilan sampel dipilih dengan teknik purposive sampling, didapatkan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan pembelajaran dengan LKPD berbasis discovery learning dan kelas kontrol dengan menggunakan LKPD konvensional. Data keterampilan komunikasi dan penguasaan konsep peserta didik dianalisis menggunakan software Microsoft Excel 2007 dan sosfware SPSS versi 25.0 for Windows. Hasil penelitian me¬nunjukkan persentase keterampilan komunikasi peserta didik pada kelas ekperimen mencapai 62.67% dengan kriteria ‘baik’. Rata-rata nilai n-Gain penguasaan konsep peserta didik kelas eksperimen sebesar 0,65 dan kelas kontrol sebesar 0,42. Kriteria efektif penguasaan konsep dapat dilihat dari rata-rata nilai n-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Ukuran pengaruh dihitung dengan menggunakan uji effect size. Hasil uji effect size diperoleh bahwa LKPD berbasis discovery learning yang digunakan memiliki pengaruh yang besar untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, disimpulkan bahwa LKPD berbasis discovery learning efektif dan memiliki pengaruh yang besar untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan penguasaan konsep peserta didik. Kata kunci: Efektivitas, LKPD berbasis discovery learning, keterampilan komunikasi dan penguasaan konsep.