PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

Main Author: CITRA RAFIKAUTARI, 1613033043
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61916/1/ABSTRAKK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61916/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61916/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61916/
Daftar Isi:
  • Perkembangan dunia pendidikan menuntut guru membentuk karakter bangsa melalui pembelajaran sejarah, dengan tujuan mendorong kemandirian berpikir kreatif dan berpikir kritis peserta didik, sejalan dengan revolusi industri 4.0 bidang pendidikan abad 21. Rumusan masalah penelitian yaitu 1) Apakah ada pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS di SMAN 9 Bandar Lampung T.A 2019/2020?. 2) Apakah ada pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar pada siswa kelas XI IPS di SMAN 9 Bandar Lampung T.A 2019/2020?. 3) Apakah ada pengaruh kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis terhadap hasil belajar pada siswa kelas XI IPS di SMAN 9 Bandar Lampung T.A 2019/2020?. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan Ex Post Facto. Metode pengambilan sampel penelitian ini Probability Sampling dengan Teknik Simple Random Sampling. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana dan Uji Regresi Linier Berganda. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kreatif memiliki pengaruh terhadap hasil belajar sejarah pada kelas XI IPS SMAN 9 Bandar Lampung T.A 2019/2020 karena dari uji hipotesis dengan uji regresi linier sederhana yang menunjukan nilai Sig=0.000 < 0,05, 2) Kemampuan berpikir kritis memiliki pengaruh terhadap hasil belajar sejarah pada kelas XI IPS SMAN 9 Bandar Lampung T.A 2019/2020 karena dari uji hipotesis dengan uji regresi linier sederhana yang menunjukan nilai Sig= 0.000 < 0.05, 3) Kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis memiliki pengaruh terhadap hasil belajar sejarah pada kelas XI IPS SMAN 9 Bandar Lampung T.A 2019/2020 karena dari uji hipotesis dengan uji regresi linier berganda yang menunjukan nilai Sig= 0.000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis memberikan pengaruh terhadap hasil belajar sejarah pada kelas XI IPS SMAN 9 Bandar Lampung T.A 2019/2020. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Berpikir Kritis, Hasil Belajar Sejarah.