HUBUNGAN ANTARA PERCAYA DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SMA DARUL FIKRI KECAMATAN PUGUNG KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN AJARAN 2018/2019

Main Author: YOLANDA PIOLAN SARI, 1213052053
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61900/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61900/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61900/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61900/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah interaksi sosial siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara percaya diri dengan interaksi sosial pada siswa SMA Darul Fikri Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif korelasional. Populasi penelitian sebanyak 210 siswa dan penentuan menggunakan tabel penentuan jumlah sampel Isaac dan Michael dari populasi tertentu dengan taraf kesalahan 5%, sehingga jadi ada 131 siswa diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala percaya diri dan skala interaksi sosial. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara percaya diri dengan interaksi social dengan nilai korelasi rhitung = 0,208 > rtabel = 0,176 taraf signifikasi p=0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara percaya diri dengan interaksi social siswa. Kata Kunci: bimbingan konseling, percaya diri, interaksi sosial. The problem in this study is the low social interaction of students. This study aims to determine the relationship between self- confidence and social interaction among students of Darul Fikri Vocational School, Pugung District Tanggamus and Academic Year 2019/2020. The research method used is quantitative correlational. The population of the study was 210 students and the determination using the table to determine the number of samples of Isaac and Michael from a certain population with an error level of 5%, so that is 131 students were taken by simple random sampling technique. Data collection techniques use a scale of confidence and scale of social interaction, data analysis techniques using Product moment correlation. The results showed that there was a significant positive relationship between self-confidence and social interaction with a correlation value of rcount = 0.208> rtable = 0.176 significance level p = 0.05 then Ho was rejected and Ha was accepted. The conclusion of the results of this study is that there isa significant positive relationship between self-confidence and social interaction of students. Keywords: counseling guidance, confidence, social interaction.