HUBUNGAN KESIAPAN SISWA DALAM BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI 1 TEGINENENG TAHUN AJARAN 2017/2018

Main Author: Ahmad Rudianto, 1313033005
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61877/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61877/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61877/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61877/
Daftar Isi:
  • Setiap siswa yang menempuh jenjang pendidikan, sudah pasti tidak akan terlepas dari apa yang disebut dengan prestasi belajar, karena prestasi tersebut merupakan hasil akhir yang di dapatkan oleh seorang siswa. Pretasi yang didapatkan tidak selalu tinggi, tak jarang didapati siswa dengan prestasi belajar yang rendah. Seberapa pun prestasi yang didapatkan tak terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar itu sendiri. Ada banyak faktor yang mempengaruhi prestasi baik faktor internal ataupun faktor eksternal. Diantara faktor-faktor tersebut salah satunya adalah kesiapan belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI di SMA Negeri 1 Tegineneng Tahun Ajaran 2017/2018? Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran sejarah kelas XI SMA Negeri 1 Tegineneng Tahun Ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah metode survei. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik random sampling. Data kesiapan belajar siswa diperoleh dari hasil angket dan data prestasi belajar didapat dari hasil ulangan akhir semester genap 2017/2018. Berdasarkan hasil analisis data hasil penelitian dan analisis data kuantitatif dengan uji korelasi dan uji signifikansi ditarik kesimpulan bahwa: “Terdapat Hubungan yang Positif dan Signifikan Kesiapan Belajar Dan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Tegineneng Tahun Ajaran 2017/2018”. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,77 kebih besar dari nilai nilai r tabel, yaitu 0,230 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang “positif” kesiapan belajar dengan prestasi belajar dan hasil uji signifikansi diperoleh nilai t hitung = 8,53 yang mana nilai tersebut lebih besar dari nilai