HUBUNGAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MAN 1 BANDAR LAMPUNG

Main Author: ANNISA RAHMAN, 1613034012
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61810/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61810/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61810/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61810/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan pendidikan dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran geografi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa IPS kelas XI di MAN 1 Bandar Lampung dan sampel penelitian ini sebanyak 44 siswa dari 35%. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Pengambilan data menggunakan teknik observasi, teknik dokumentasi dan teknik kuesioner. Pungujian validitas dan uji hipotesis 1, 2 dan 3, menggunakan korelasi product moment sedangkan untuk uji hipotesis 4 menggunakan korelasi ganda, uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbhach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Lingkungan keluarga memiliki hubungan positif yang erat dan signifikan dengan prestasi belajar (r=0,738> t=0,666). (2) Lingkungan sekolah memiliki hubungan positif yang erat dan signifikan dengan prestasi belajar (r=0,671> t=0,666). (3) Lingkungan bermain memiliki hubungan positif yang erat dan signifikan dengan prestasi belajar (r=0,674> t=0,666). (4) Lingkungan keluarga, sekolah dan bermain memiliki hubungan positif yang erat dan signifikan dengan prestasi belajar (r=0,814> t=0,666). Kata kunci : Lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, Lingkungan bermain dan Prestasi belajar The research aims to determine the correlation of the educational environment toward students’ achievement at class XI IPS geography subjects. The method used is correlational method with an ex post facto approach. The population was all social students of class XI in MAN 1 Bandar Lampung and the sample of this study was 44 students from 35%. The sampling technique used proporsional random sampling technique. Retrieval of data used observation techniques, documentation techniques and questionnaire techniques. Test the validity and test hypotheses 1, 2 and 3, used product moment correlation while for hypothesis testing 4 used multiple correlation, the reliability test used the alpha cronbhach formula. The results showed that: (1) Family environment has a close and significant positive relationship with learning achievement (r = 0.738 > t = 0.666). (2) The school environment has a close and significant positive relationship with learning achievement (r = 0.671 > t = 0.666). (3) The playing environment had a close and significant positive relationship with learning achievement (r = 0.674 > t = 0.666). (4) Family, school and play environment has a close and significant positive relationship toward learning achievement (r = 0.814 > t = 0.666). Keywords: Family environment, School environmen, Play environmen and Learning achievement