MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEB ENHANCED COURSE DALAM PEMBELAJARAN TARI BEDANA DI SMK MA’ARIF 5 KOTAGAJAH
Main Author: | Alan Nugroho Pratama, 1613043020 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61791/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/61791/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61791/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61791/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang persiapan guru dalam memilih, merancang dan membuat media e-learning berbasis web enhanced course dan hasil dari media tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan guru dalam memilih, merancang dan membuat media e-learning berbasis web enhanced course dan mendeskripsikan hasil dari media tersebut. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru seni budaya dan wakil kepala kurikulum di SMK Ma’arif 5 Kotagajah. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap verifikasi (penarikan kesimpulan). Langkah-langkah yang dilakukan guru dalam memilih, merancang dan membuat media e-learning berbasis web enhanced course meliputi empat proses. Proses pertama yaitu menentukan jenis media. Proses kedua yaitu mempertimbangkan subjek. Proses ketiga yaitu menyajikan media. Proses keempat yaitu memperlihatkan media. Hasil dari media e-learning berbasis web enhanced course adalah berbentuk video, kemudian diunggah oleh guru ke media sosial yaitu YouTube. Kata Kunci: Media E-learning, Pembelajaran, Tari Bedana, Web Enhanced Cource. ABSTRACT This research discusses about the teacher’s preparations in selecting, planning, and making web enhanced course-based of e-learning media are and the result of the media. This research aims to describe how the teacher’s preparations in selecting, planning, and making web enhanced course-based of e-learning media are and how the result of the media is. This qualitative research used descriptive approach. The data needed were obtained from the teacher of seni budaya subject and the vice principle of curriculum of SMK Ma’arif 5 Kotagajah. The data collecting techniques used were observation, interview, and documentation. Whereas the data analysis technique was concerned with data reduction stage, data presentation stage, and versification stage (drawing a conclusion). The teacher’s steps in selecting, planning, and making the media are divided into four stages. First, determining the kind of media. Second, observing the subject. Third, making the media. Fourth, implementing the media. The result of web enhanced course based of e-learning media is video, the video was uploaded by the teacher on the social media which is YouTube. Keywords: E-Learning Media, Learning, Tari bedana, Web Enhanced Course.