PEMBELAJARAN RAGAM GERAK TARI MELINTING MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA EKSTRAKURIKULER TARI SMA N 13 BANDAR LAMPUNG

Main Author: Isnaeni Setiowati, 1613043016
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61788/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61788/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61788/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61788/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran ragam gerak tari melinting menggunakan metode kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada ekstrakurikuler tari SMA N 13 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari guru seni budaya dan enam siswa yang terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen penggunaan metode TGT, aktivitas guru dan instrumen penilaian tes praktik siswa. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data, penyajian data, dan verifikasi data. Guru menggunakan metode TGT melalui lima tahapan yaitu, pada tahap pertama guru menyampaikan materi ragam gerak tari melinting dalam penyajian kelas. Tahap kedua guru membagi menjadi beberapa kelompok dan memberitahu untuk mempersiapkan kelompok agar menjadi kelompok terbaik. Tahap ketiga guru memulai game dengan menginstruksikan untuk mempratikkan ragam gerak yang sudah diajarkan kepada siswa. Tahap keempat guru mengulas materi sebagai soal yang sudah dipraktikkan pada pertemuan sebelumnya sebagai tournament permainan. Tahap kelima guru mengumumkan kelompok yang menang untuk kemudian diberi penghargaan. Hasil belajar siswa mampu mempraktikkan ragam gerak tari melinting sesuai hafalan gerak, ketukan musik, ekspresi, dan teknik dengan nilai rata yang diperoleh siswa yaitu 93. Kata kunci: Metode Teams Games Tornament Tournament (TGT), pembelajaran, tari melinting. ABSTRACT This research aims to describe a learning of Melinting dance using Teams Games Tournament (TGT) cooperative method in dance extracurricular at SMA N 13 Bandar Lampung. This research is a qualitative descriptive research. The data source was gain from the art and cultural teacher and the six students; three boys and three girls. The instruments are the implementation of TGT method, teacher activity, and the assessment of students practical test. The data was obtained throught observation , interview and documentation. Furthermore, data analysis, data presentation, and data verification were formed. The teacher used TGT method in five meetings. First, the teacher presented the material about motion of Melinting dance in a class. Second, the teacher divided students into several groups and told them do the best, so they will be the best group. Third, the teacher started game by giving instruction to practice the motion that have been taught to students. Fourth, the teacher reviewed the material became a question that have been practiced in the previous meeting as the tournament game. Fifth, the teacher announced the winner and gave the reward to the group. Students learning outcomes are able to practice the motion of Melinting dance which is appropriate to the memorization of motions, music beats, expression, and technique with the average score 93. Keywords: Teams Games Tournament Tournament (TGT) Method, learning, melinting dance.