Pemanfaatan Media Audio Visual pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Gedong Tataan

Main Author: Renda Safitri Ramadani, 1613043009
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61782/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61782/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61782/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61782/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu proses pemanfaatan media audio-visual dan hasil dari pemanfaatan media audio-visual pada pembelajaran tari Sigeh Pengunten pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Gedong Tataan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses dan hasil dari pemanfaatam media audio-visual pada kegiatan ekstrakurikuler tari di SMA Negeri 1 Gedong Tataan. Penelitian ini menggunakan metode catatan lapangan dengan jenis penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari guru seni tari dan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tari. Pemanfaatan media audio-visual digunakan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi, dan mempermudah siswa untuk menghafal dan mempelajari ragam gerak tari Sigeh Pengunten. Hasil pembelajaran tari Sigeh Pengunten dalam kegiatan ekstrakurikuler tergolong dalam kategori baik. Kata kunci: Media audio-visual, Pembelajaran tari Sigeh Pengunten ABSTRACT The problem in this research is the process of utilizing audio-visual media and the result of the use of audio-visual media in dance learning Sigeh Pengunten on extracurricular activities in SMA Negeri 1 Gedong settings. The purpose of this research is to describe the process and results from audio-visual media utilization at the extracurricular dance activities in SMA Negeri 1 Gedong settings. The study uses a field record method with a type of descriptive research through a qualitative approach. The data collection techniques in this study are observations, interviews, and documentation. Data analysis In this research is data reduction, data presentation, and conclusion. The data sources in this study were obtained from the dance arts teachers and students who follow the extracurricular dance. The use of audio-visual media is used to assist teachers in conveying the material, and make it easier for students to memorize and learn a variety of dance movements Sigeh Pengunten. The learning results of Sigeh Pengunten dance in extracurricular activities belong to the good category. Keywords: Audio-visual media, Sigeh Pengunten dance learning.