Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Niat Beli Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung di Bandar Lampung
Main Author: | RIZKY ADRIAN, 1611011055 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61770/1/1.%20ABSTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf http://digilib.unila.ac.id/61770/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61770/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61770/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Kehadiran teknologi internet memberikan manfaat komunikasi tanpa batas dan waktu. Penggunaan internet tidak hanya untuk mencari informasi saja, tetapi juga untuk transaksi ekonomi yang disebut e-commerce. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh kepercayaan terhadap niat beli online; (2) Pengaruh persepsi risiko terhadap niat beli online. Metode penelitian yang dignakan adalah metode survei dengan obyek/populasi sasaran : Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung. Jumlah sampel 200 responden, dengan metode pengambilan sampel stratified random sampling berdasarkan strata jenjang pendidikan (Diploma, Sarjana dan Pascasarjana). Alat Analisis yang digunakan adalah statistika regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Niat beli secara online Mahasiswa FEB Unila dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh kepercayaan serta secara negative dan signifikan oleh persepsi risiko. Untuk meningkatkan niat beli online maka e-commerce perlu memperhatikan ketepan waktu pengiriman dan memberikan jaminan atas barang yang dikirim sesuai dengan spesifikasi dan mutu barang yang diposting pada situs online. Kata kunci : Kepercayaan, Persepsi Risiko, Niat Beli. ABSTRACT The presence of internet technology provides the benefit of the use of the internet is not only to search for information, but also for economic transactions called e-commerce. The purpose of this study is to find out: (1) The effect of trust on online shopping intentions; (2) The effect of risk perception on online shopping intentions. The research method used is the survey method with the object/target population: Students of the Faculty of Economics and Business, University of Lampung. The number of samples is 200 respondents, with a stratified random sampling method based on education strata (Diploma, Bachelor and Postgraduate). The analysis tool used is multiple regression statistics. The results showed that: The intention to shop online FEB Unila students was positively and significantly influenced by trust and negatively and significantly by risk perception. To increase online shopping intentions, e-commerce needs to pay attention to the time of delivery and provide guarantees for goods shipped in accordance with the specifications and quality of goods posted on online sites. Key word : Trust, Risk Perception, shopping intentions.