HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR
Main Author: | ELZA INDAH SAPUTRI, 1513053188 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61740/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/61740/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61740/4/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61740/ |
Daftar Isi:
- Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya motivasi belajar peeserta didik kelas V Gugus Nusa Indah Kecamatan Natar Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Gugus Nusa Indah Kecamatan Natar Lampung Selatan yang diambil dengan teknik multistage random sampling sebanyak 91 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar peserta didik kelas V Gugus Nusa Indah Kecamatan Natar Lampung Selatan Tahun Ajaran 2018/2019. Artinya interaksi antar teman sebaya sangat berperan penting dalam memotivasi belajar peserta didik. Kata kunci: interaksi teman sebaya, motivasi belajar. The purpose of this study was to determine the relationship between peer interactions and students' learning motivation. The research was a correlated quantitative research. The subjects in this study was fifth Grade of Nusa Indah cluster elementary school students, Natar, South Lampung, who were taken with a multistage random sampling technique of 91 students. Data collection used were questionnaires while the data analysis technique used was the product moment correlation formula. The result showed that there was significant a relationship between peer interactions and students' learning in fifth of the Nusa Indah Cluster, Natar, Lampung Selatan academic year 2018/2019. This means that interaction between peers is very important in motivating student learning. Keywords: learning motivation, peer interaction relationship.