PEMBELAJARAN TARI BEDANA MENGGUNAKAN STRATEGI INKUIRI DEDUKSI TERBIMBING PADA EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG

Main Author: AGUNG AYU MADE PRANADEWI, 1613043021
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61726/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61726/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61726/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61726/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran tari bedana menggunakan strategi inkuiri deduksi terbimbing pada ekstrakurikuler di SMA Negeri 11 Bandar Lampung dilakukan untuk melihat proses dan hasil belajar tari bedana dengan berlandaskan teori konstruktivistik. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif yang mengamati secara langsung proses dan hasil dari pembelajaran tari bedana menggunakan strategi inkuiri deduksi terbimbing. Data yang diperoleh dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses pembelajaran menggunakan strategi inkuiri deduksi terbimbing melalui 5 tahapan yaitu perencanaan, respons siswa, membangun suasana, memproses informasi dan evaluasi. Hasil pembelajaran diukur dengan menggunakan wiraga, wirama, wirasa dan hafalan gerak pada proses pembelajaran disetiap pertemuan serta dengan pengamatan tes praktik pada akhir pertemuan. Berdasarkan nilai pengamatan tes praktik, terdapat dua orang siswa yang memperoleh nilai tertinggi yaitu 85 dengan kriteria baik sekali. Sementara nilai terendah yaitu 75 dengan kriteria Baik dan siswa yang memperoleh nilai tersebut sebanyak tiga orang. Adapun hasil belajar seluruh siswa memperoleh nilai rata-rata 79,2 dengan kriteria nilai baik. Kata kunci: strategi inkuiri deduksi terbimbing, proses dan hasil pembelajaran, tari bedana Teaching bedana dance throught inquiry deduction strategy in extracuriculer at SMA Negeri 11 Bandar Lampung, was conducted to see the process and learning outcomes of bedana dance based on constructivistik theory. This research is a qualitative descriptive research type that directly observes the process and results of dance learning bedana using inquiry deduction strategy. The data obtained is done by observation, interviews, and the documentation. The learning process uses guided deduction inquiry strategy through 5 planning, student responses, building atmosphere, processing information and evaluating. Learning outcomes are measured by using indicators of wirga, wirama, wirasa and memorization of motion in the learning process in each meeting and by observing practical tests at the end of the meeting. Based on the practice test observation scores, there are two students who get the highest score of 85 with excellent criteria While the lowest value is 75 with enough criteria and students who get this value as many as three people. The learning outcomes of all students obtain an average score of 79.2 with good criteria. Keywords: guided deduction inquiry strategies, learning processes and outcomes, bedana dance