PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA TOPIK PEMANASAN GLOBAL BERBASIS MODEL INQUIRY BASED-LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SMP
Main Author: | MUHAMMAD ANDI FIRMAN, 1723025001 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61696/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/61696/11/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61696/12/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61696/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) topik pemanasan global berbasis model inquiry based-learning yang valid, praktis dan efektif dalam menumbuhkan keterampilan kolaborasi siswa SMP. Desain penelitian dan pengembangan digunakan untuk menghasilkan produk berupa LKS. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 3 dan kelas VII 4 di SMP Negeri 1 Gunung Sugih yang keduanya merupakan kelas eksperimen. Kevalidan LKS yang dikembangankan dilihat dari aspek substansi dan konstruksi LKS. Kepraktisan LKS dilihat dari uji coba terbatas dengan menggunakan satu kelas selain kelas sampel eksperimen. Keefektifan dilihat berdasarkan lembar observasi yang dinilai oleh observer. Hasil Penelitian menunjukan bahwa kevalidan aspek substansi dan konstruksi berkategori valid. Peningkatan keterampilan kolaborasi pada pertemuan 1 dan 2, yaitu data menunjukan pertemuan kedua lebih tinggi dibandingkan dengan pertemuan pertama. LKS berbasis model inquiry based learning topik pemanasan iv Muhammad Andi Firman global dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi efektif dengan melihat persentase yang dihasilkan meningkat dengan kategori sangat baik terutama pada aspek berkonstribusi dan manajemen waktu. Kata Kunci: Lembar kerja siswa, inquiry based-learning, keterampilan kolaborasi v ABSTRACT This study aims to develop a student Work Sheet of global warming topics based on inquiry-based learning models has valid, practical and effective in fostering the collaboration skills of junior high school students. Research and development design is used to produce products in the form of worksheets. The sample used in this study was students of class VII 3 and class VII 4 in SMP Negeri 1 Gunung Sugih, both of which were experimental classes. The validity of the developed worksheet is seen from the aspect of substance and construction of the worksheet. The practicality of LKS is seen from a limited trial using one class in addition to the experimental sample class. The effectiveness is seen based on the observation sheet which is assessed by the observer. The results showed that the validity of the aspects of the substance and construction was valid. Improved collaboration skills at meetings 1 and 2, namely the data showed the second meeting was higher than the first meeting. Worksheet based inquiry based learning model on global warming in improving effective collaboration skills by seeing the percentage produced increases with excellent categories, especially in the aspects of contributing and time management. vi Muhammad Andi Firman Keywords : Student worksheets, inquiry-based learning, collaboration skills