PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA
Main Author: | ROSMAYA, 1723021030 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61670/1/ABSTRACT-ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/61670/16/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61670/22/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61670/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa model pembelajaran Knisley yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir reflektif dan disposisi matematis siswa. Desain penelitian ini mengacu pada Borg & Gall. Prosedur penelitian yang dilakukan, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan pengembangan produk, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2019/2020. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan tes kemampuan berpikir reflektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil validitas desain pengembangan model pembelajaran Knisley oleh ahli, interpretasi penilaian yang diberikan yaitu kriteria valid. Berdasarkan tanggapan guru terhadap pengembangan model pembelajaran Knisley skor secara keseluruhan adalah 54 dari skor ideal 64 yang artinya bahwa model pembelajaran Knisley yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis. Berdasarkan hasil Uji-t terhadap peningkatan (N-gain) kemampuan berpikir reflektif diperoleh 0,017 < 0,05 dan disposisi matematis diperoleh 0,014 < 0,05. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa, (a) model pembelajaran Knisley yang dikembangkan memiliki kriteria valid dan praktis, dan (b) hasil uji lapangan menunjukkan bahwa model pembelajaran Knisley yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir reflektif dan disposisi matematis siswa. Kata kunci: pembelajaran knisley, kemampuan berpikir reflektif, disposisi matematis. ABSTRACT This research is a development research that aims to produce products in the form of Knisley learning models that are valid, practical and effective in improving reflective thinking abilities and mathematical disposition of students. The design of this study refers to Borg & Gall. The research procedures carried out, namely research and data collection, product development planning, initial product development, initial field trials, revision of the results of the initial field trials, and field trials. The subjects of the study were the eighth grade students of SMP Negeri 1 Bandar Lampung in the academic year 2019/2020. Research data were obtained through observation, interviews, questionnaires, and reflective thinking ability test. Data analysis techniques used are descriptive statistics and t-test. The results showed that based on the results of the design validity of the Knisley learning model development by experts, the interpretation of the assessment given was valid criteria. Based on the teacher's response to the development of the Knisley learning model the overall score is 54 from an ideal score of 64 which means that the Knisley learning model developed meets practical criteria. Based on the results of the t-test on the increase (N-gain) reflective thinking ability obtained 0,017 < 0,05 and mathematical disposition obtained 0,014 < 0,05. The results of the study and discussion showed that, (a) the knisley learning model developed had valid and practical criteria, and (b) the results of the field test showed that the Knisley learning model developed was effective in increasing reflective thinking abilities and mathematical disposition of students. Keywords: knisley learning, reflective thinking ability, mathematical disposition.