EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pugung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019)
Main Author: | RIFANDI HIDAYAT, 1413021061 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61666/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/61666/17/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61666/18/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61666/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pugung Kabupaten Tanggamus tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 135 siswa yang terdistribusi dalam lima kelas secara acak. Sampel adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U dan uji proporsi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model PBL lebih tinggi dari pada kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, dan proporsi siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis terkategori baik lebih dari 60% dari jumlah siswa yang mengikuti model PBL. Dengan demikian, model PBL efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, problem based learning