PREFERENSI DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN (Studi pada Pengguna Produk Rinso di Kota Bandar Lampung)

Main Author: AGUNG WIJAYA , 1616051026
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61664/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61664/17/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61664/18/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61664/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh preferensi dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian produk ramah lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan teknik pengambilan sampling menggunakan accidental sampling. Sampel terdiri dari 100 responden pengguna produk Rinso di Kota Bandar Lampung. Data tersebut diperoleh dari kuesioner dengan menggunakan skala likert. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa preferensi berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, dan persepsi konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya, secara simultan variabel preferensi dan persepsi konsumen berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Implikasi dari penelitian ini adalah ditemukannya sikap positif konsumen terhadap produk ramah lingkungan, tetapi ketika sikap tersebut dikaitkan dengan perilaku yakni dengan pembelian produk ramah lingkungan, ternyata mempunyai pengaruh yang lemah. Oleh karena itu sebaiknya Rinso harus lebih meningkatkan lagi kampanye serta promosi-promosi yang menanamkan kesadaran untuk perduli terhadap lingkungan, sehingga akan meningkatkan keputusan pembelian produk ramah lingkungan. Kata Kunci : Preferensi, Persepsi Konsumen, dan Keputusan Pembelian ABSTRACT This study aims to determinate the effect of preferences, and consumer perceptions of purchasing decisions green products. This study uses quantitative approach and takes sampel by using accidental sampling technique. The sampel consist of 100 respondents Rinso product user in the city of Bandar Lampung. The data were obtained from questionnaire through likert scale. Multiple linear regression analysis was used to analyze the data with SPSS application. Based on the results of the research, shows that preferences has no significant effect on purchasing decisions, and consumer perceptions have a significant effect on the purchasing decision. And then, preferences and consumer perceptions simultaneously influence on the purchasing decisions. The implication of this research is the discovery of positive consumer attitude toward green product, but when the attitude is associated with behavior that is the purchase of green product, it has a weak influence. Therefore, Rinso should further increase campaigns and promotions that instill awareness to care for the environment, so that it will increase purchasing decisions green product. Keywords : Preferences, Consumer Perceptions, and Purchasing Decisions