PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN TOLERANSI DALAM INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

Main Author: PRIMADONA MAHARANI, 1513052040
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61627/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61627/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61627/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61627/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini Toleransi dalam Interaksi Sosial rendah dikalangan siswa, sehingga diperlukan penanganan dengan layanan bimbingan kelompok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan toleransi dalm interaksi sosial melalui layanan bimbingan kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode quasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest, dengan subjek penelitian sebanyak dua belas siswa. Untuk mengukur tingkat toleransi dalam interaksi sosial dilakukan dengan menggunakan skala toleransi dalam interaksi sosial. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon, hasil penelitian diperoleh Zhitung > Ztabel atau 3,063 > 1,645 (p < 0,05), artinya Ha diterima dan Ho ditolak, kesimpulannya adalah terdapat peningkatan toleransi dalam interaksi sosial siswa setelah diberikan perlakuan dengan layanan bimbingan kelompok. Kata kunci: bimbingan kelompok, interaksi sosial, toleransi. The problem in this study is about the low tolerance in social interaction among students, so a proper handling with group guidance service is needed. The purpose of this study is to discover the improvement of tolerance in social interaction through group guidance service. The method used in this study is a quasi-experimental method with a one-group pretest-posttest design, involving twelve research subjects. The measurement of the tolerance level in social interactions is done by using a scale of tolerance in social interactions. Data analysis using the Wolcoxon Test, the result obtained by Zscore > Ztable or 3.063 > 1.645 (p <0.05), means that Ha is acceptend and Ho is rejected, thus there is an improvement in tolerance within students’ social interaction after being handled with group guidance service. Keywords: group guidance, social interaction, tolerance