PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN RAGAM GERAK TARI SIGEH PENGUTEN DI SDN 2 SUKADANA PASAR LAMPUNG TIMUR

Main Author: CITRA AULIA SANJAYA, 1513043018
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61624/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61624/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61624/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61624/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran tari Sigeh Penguten menggunakan metode drill. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi, dan non-tes. Teori pembelajaran yang digunakan yaitu teori behavioristik. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdapat tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sumber data yang diperoleh adalah guru seni budaya SDN 2 Sukadana Pasar Lampung Timur dan 10 Siswa yang mengikuti ektrakurikuler tari. Metode latihan diterapkan pada pembelajaran ragam gerak tari Sigeh Penguten dari pertemuan pertama hingga pertemuan keempat. Langkah-langkah penggunaan metode latihan pada proses pembelajaran ragam gerak tari Sigeh Penguten yaitu guru mempersiapkan kelas terlebih dahulu, melakukan pemanasan, lalu memberitahukan tujuan pembelajaran kepada siswa sebelum manyampaikan materi, melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran dengan membantu sesama teman dan mengemukakan pendapat apabila mengalami kesulitan, melakukan kegiatan latihan secara bersama-sama dengan guru maupun kelompok, dan menyimpulkan hasil pembelajaran. Dilihat dari seluruh siswa mampu memperhatikan, mendengarkan dan memperagakan ragam gerak dengan baik. Jadi Hasil Pembelajaran tersebut mendapat total nilai 15 dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Metode Drill, Pembelajaran, Tari Sigeh Penguten This study aims to describe the learning process of Sigeh Penguten dance using the drill method. This type of research is descriptive qualitative. The techniques used to collect data are: observation, interviews, documentation, and non-tests. The learning theory used is behavioristic theory. Data analysis techniques in this study there are three stages, namely, data reduction, data presentation, and conclusions. The data sources obtained were art and culture teachers at SDN 2 Sukadana Pasar Lampung Timur and 10 students who participated in dance extracurricular activities. The training method is applied to the learning of Sigeh Penguten dance movements from the first meeting to the fourth meeting. The steps for using the training method in the Sigeh Penguten dance variety learning process are the teacher preparing the class in advance, warming up, then notifying the learning objectives to students before delivering the material, involving students to be active in learning by helping fellow friends and expressing opinions when experiencing difficulties , do training activities together with the teacher and the group, and summarize the learning outcomes. Seen from all students are able to pay attention, listen and demonstrate the range of motion well. So the Learning Outcomes got a total value of 15 with a very good category. Keyword : Drill Method, Learning, Sigeh Penguten Dance