PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, AKTIVITAS BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 ABUNG PEKURUN KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: MUHAMAAD ABDUH PUTRA PERMATA , 1513031055
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61613/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61613/11/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61613/12/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61613/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar, aktivitas belajar, lingkungan keluarga dan pemanfaatan perpustkaan sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Abung Pekurun. Sample yang digunkan dalam penelitian ini sebanyak 86 orang siswa. Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Data yang terkumpul melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Pengujian hipotesis pertama, kedua, ketiga dan keempat rumus uji t sedangkan pengujian hipotesis kelima menggunakan rumus regresi linear multiple. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. 1). Ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Abung Pekurun sebesar t hitung > t tabel atau 3,808 > 1,988. 2). Tidak ada pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Abung Pekurun sebesar t hitung< t tabel atau 0,851 < 1,988. 3). Tidak ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Abung Pekurun sebesar t hitung < t tabel atau 0,072 < 1,988. 4). Tidak ada pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Abung Pekurun sebesar t hitung< t tabel atau 0,990 < 1,988. 5). Ada pengaruh disiplin belajar, aktivitas belajar, lingkungan keluarga dan pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Abung Pekurun sebesar F hitung> F tabel atau 25,113 > 2,48. Kata Kunci : Hasil Belajar IPS Terpadu, Disiplin Belajar, Aktivitas Belajar, Lingkungan Keluarga dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah. This study aims to determine the effect of learning discipline, learning activities, family environment, and the use of school library on social science academic results of grade VIII SMPnegeri 1 AbungPekurun North Lampung regency 2018/2019. The samples used in this study were 86 students. The samples used in this study were probability sampling by using simple random sampling. The data were collected through questionnaires, interviews and documentation. The first, second, third and fourth hypothesis were tested through t test formula while the fifth hypothesis was tested using multiple linear regression formula. Based on data analysis, the results of the study are as follows. 1). There is an influence of learning discipline on the results of Social Science learning for grade VIII students of SMP Negeri 1 AbungPekurun by t arithmetic> t table or 3.808> 1.988. 2). There is no influence of learning activities on the results of Social Science learning for grade VIII students of SMP Negeri 1 AbungPekurunby t count <t table or 0.851 <1.988. 3). There is no influence of the family environment on Social Science learning result for grade VIII students of SMP Negeri 1 AbungPekurunby t arithmetic <t table or 0.072 <1.988. 4). There was no influence of the use of school libraries on the results of Social Science learning for grade VIII students of SMP Negeri 1 AbungPekurunof SMP Negeri 1 AbungPekurun by t count <t table or 0.990 <1.988. 5). There are influences of learning discipline, learning activities, family environment and the use library on social science result on grade VIII students of SMP Negeri 1 AbungPekurunof F arithmetic> F table or 25,113> 2.48. Keywords: Social Science learning outcomes, learning discipline, learning activities, family environment and school library utilization.