PENGARUH MANFAAT YANG DIRASAKAN (PERCEIVED USEFULNESS) DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN YANG DIRASAKAN (PERCEIVED EASE OF USE) TERHADAP MINAT UNTUK TERUS MENGGUNAKAN (BEHAVIORAL INTENTION TO USE) VIRTUAL CLASS UNIVERSITAS LAMPUNG (Studi pada Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional Universitas Lampung Angkatan 2017)

Main Author: Muna Syahidah, 1416031086
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61591/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61591/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61591/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61591/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh manfaat yang dirasakan terhadap minat untuk terus menggunakan Virtual Class Universitas Lampung; 2) Pengaruh kemudahan penggunaan yang dirasakan terhadap minat untuk terus menggunakan Virtual Class Universitas Lampung; 3) Pengaruh manfaat yang dirasakan dan kemudahan penggunaan yang dirasakan terhadap minat untuk terus menggunakan Virtual Class Universitas Lampung. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Hubungan Internasional angkatan 2017 Universitas Lampung yang mendaftar pada mata kuliah Globalisasi dan Regionalisasi tahun ajaran 2019/2020. Jumlah sampel sebanyak 57 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer berupa kuesioner dan data sekunder berupa data tambahan dari berbagai sumber. Uji kelayakan instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji kelayakan model regresi menggunakan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif antara manfaat yang dirasakan terhadap minat untuk terus menggunakan V-Class Unila dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,245; 2) Terdapat pengaruh positif antara kemudahan penggunaan yang dirasakan terhadap minat untuk terus menggunakan V-Class Unila dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,252; 3) Terdapat pengaruh positif antara manfaat yang dirasakan dan kemudahan penggunaan yang dirasakan secara simultan terhadap minat terus menggunakan V-Class Unila dengan nilai f hitung sebesar 43,307. Kata Kunci: Virtual Class, Technology Acceptance Model, Manfaat yang Dirasakan , Kemudahan Penggunaan, Minat untuk Terus Menggunakan Virtual Class ABSTRACT This research aim to determine: 1) The influence of perceived usefulness on behavioral intention to use virtual class of Lampung University; 2) The influence of perceived ease of use on behavioral intention to use virtual class of Lampung University; 3) The influence of perceived usefulness and perceived ease of use on behavioral intention to use virtual class of Lampung University. The population in this study is International Relation students of 2017 Admission Year in Lampung University who enrolled on the course of globalization and regionalization in 2019/2020 academic year. The number of sample is 57 respondents. The sampling technique used simple random sampling. Data collected by questionnaires. In determining the feasibility of a research instrument, validity and reliability test were conducted. In determining the feasibility of the regression model used classical assumption test which includes the normality test, multicholinerity test, and heteroskedastisity test. The data analysis technique used multiple linear regression analysis and hypothesis test using SPSS aapliction. The results of this study show that: 1) There is a positive influence between perceived usefulness to the behavioral intention to use V-Class Unila with a regression coefficient value of 0,245; 2) There is a positive influence between perceived ease of use to behavioral intention to use V-Class Unila with a regression coefficient value of 0,252; 3) There is a positive influence between perceived usefulness and perceived ease of use simultaneously with behavioral intention to use V-Class Unila with an F count value of 43,307. Key Words: Virtual Class, Technology Acceptance Model, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Behavioral Intention to Use Virtual Class