RANCANG BANGUN GAME ANDROID JIGSAW PUZZLE SEBAGAI SARANA PENGENALAN KEBUDAYAAN PROVINSI LAMPUNG

Main Author: DYAH AYU LISTYANINGSIH, 1345031002
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS TEKNIK , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61578/3/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61578/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61578/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61578/
Daftar Isi:
  • Provinsi Lampung merupakan salah satu provinsi yang ada di Republik Indonesia, berada di ujung selatan pulau Sumatera. Provinsi Lampung memiliki kebudayaan yang beranekaragam yang saat ini sudah mulai dikenal, disebabkan oleh giatnya masyarakat untuk mengenalkan kebudayaan Lampung melalui media sosial. Untuk menambah pengetahuan tentang kebudayaan Lampung perlu media lain untuk memperkenalkannya yaitu dengan menggunakan media yang dapat dimainkan serta mempunyai nilai pembelajaran. Salah satunya terdapat media permainan atau game yang dapat dimainkan pada smartphone. Salah satunya yaitu game puzzle, merupakan permainan susun gambar yang dapat meningkatkan daya kreatifitas dan ingatan yang mendalam bagi pemain. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Game Development Life Cycle (GDLC) metode ini bertujuan sebagai panduan bagi pengembang dalam proses pengembangan aplikasi game. Dimana pada metode GDLC memiliki tahapan inisiasi, pre-produksi, produksi, pengujian (alpha dan beta) dan rilis. Hasil dari pembuatan game puzzle ini yaitu berupa aplikasi yang dapat dimainkan di smartphone berbasis android, dimana pada smartphone sudah tersedia apk Android AIR. Aplikasi ini mendapat nilai kepuasan pengguna cukup baik. Kata kunci : Game puzzle, Android, GDLC, Kebudayaan Lampung. ABSTRACT Abstract — Lampung Province is one of the province in Republic of Indonesia on the southern top of Sumatera. Lampung Province has a diverse culture that is now beginning to be known, due to the enterprising community to introduce Lampung culture through social media.To increase knowledge about Lampung culture, other media need to be introduced, namely by using media that can be played and has learning value. One of them is a media game or a game that can be played on a smartphone. One of them is a puzzle game, a picture stacking game that can increase creativity and deep memory for players. The research method used is the Game Development Life Cycle (GDLC) method. This method aims as a guide for developers in the process of developing game applications. Where the GDLC method has stages of initiation, pre-production, production, testing (alpha and beta) and release. The result of making this puzzle game is in the form of an application that can be played on Android-based smartphones, where the Android AIR Android apk is available. This application gets a good user satisfaction score. Keywords— Puzzle game, android, GDLC, Cultural of Lampung