DESKRIPSI PENDIDIKAN ANAK NELAYAN BURUH DI DESA MARGASARI KECAMATAN LABUHAN MARINGGAI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Main Author: AHMAD FAJAR TANALA , 1443034001
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61569/1/ABSTRACK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61569/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61569/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61569/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: jumlah anak yang dimiliki, tingkat pendidikan, fasilitas belajar, waktu sekolah, waktu belajar, sarana transportasi dan prestasi belajar anak keluarga nelayan buruh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 67 orang. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif persentase dalam bentuk tabel tunggal. Hasil penelitian menunjukan: jumlah anak nelayan buruh yang dimiliki sebanyak 1 anak. Tingkat pendidikan anak sebagian besar Sekolah Dasar yang tidak tamat sekolah. Fasilitas belajar dimiliki anak nelayan buruh lengkap berupa ruang belajar, seragam, meja belajar, kursi belajar, buku pelajaran, alat tulis, sepatu, dan tas. Waktu sekolah anak yakni berangkat sekolah pada pukul 06.45 dan 07.00, jam masuk sekolah pada pukul 07.15 dan 07.30, serta waktu pulang sekolah pada pukul 10.00, 10.30, 12.00, 12.30 dan 13.00. Waktu belajar anak dilakukan pada malam hari. Sarana transportasi yang digunakan anak berupa jalan kaki. Prestasi belajar anak yang memiliki peringkat di kelas terdapat 9 anak dan 1 anak yang memiliki penghargaan berupa penghargaan PASKIBRA. Kata kunci : pendidikan, anak, nelayan buruh. ABSTRACT This study aims to determine: the number of children owned, the level of education, learning facilities, school time, study time, transportation facilities and learning achievements of children of fishermen family workers. The research method used in this research is descriptive method. The population and sample in this study were 67 people. The data analysis technique uses quantitative percentages in the form of a single table. The results showed: the number of fishermen working children owned by 1 children. The level of education of most children in primary school who did not complete school. Learning facilities owned by fishermen children of laborers are complete in the form of study rooms, uniforms, study tables, study chairs, textbooks, stationery, shoes and bags. When school children are leaving for school at 06.45 and 07.00, school hours at 07.15 and 07.30, and time to go home at 10:00, 10.30, 12.00, 12.30 and 13.00. Children's learning time is done at night. The means of transportation that children use are walking. Learning achievements of children who are ranked in class there are 9 children and 1 child who has an award in the form of PASKIBRA awards. Keywords: education, children, worst fisheries.