PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PKn PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 SIDODADI PEKALONGAN
Main Author: | ALIEFAH KURNIAWAN, 1213053009 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61564/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/61564/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61564/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61564/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PKn PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 SIDODADI PEKALONGAN Oleh ALIEFAH KURNIAWAN Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn peserta didik kelas IV SDN 1 Sidodadi Pekalongan yang masih banyak belum mencapai nilai ketuntasan belajar berdasarkan KKM yang telah ditentukan yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar PKn peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 43 orang peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah 43 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar PKn dengan n-gain 0,68 termasuk dalam katagori “Sedang” ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji hipotesis menunjukkan nilai Sig(2- tailed) 0,000< 0,05. Kata Kunci: cooperative learning, make a match, PKn. ABSTRACT THE EFFECT OF COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE MAKE A MATCH TOWARDS LEARNING RESULTS PKn PARTICIPANTS IN CLASS IV SDN 1 SIDODADI PEKALONGAN By ALIEFAH KURNIAWAN The problem of research is the low PKn learning outcomes of grade IV SDN 1 Sidodadi Pekalongan students who still have not achieved the mastery learning value based on the KKM that has been determined that is 75. The purpose of this study was to determine a significant effect on the application of the cooperative learning model type make match student learning outcomes PKn. This research is an experimental research with quantitative research type. The research design used was non-equivalent control group design. The study population amounted to 43 students. This study uses a saturated sample technique with a total of 43 students. The data collection technique was carried out using a test technique, which had previously been tested for validity and reliability. The results showed that there was a significant effect on the implementation of the cooperative learning model make a match type on PKn learning outcomes with ngain 0.68 included in the category of "Medium" indicated by the results of the calculation of the hypothesis test showing the value of Sig (2-tailed) 0,000 < 0.05. Keywords: cooperative learning, make a match,PKn.