PENGEMBANGAN SKENARIO PEMBELAJARAN TEKS NARASI DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Main Author: RINDU RIMA YANI, 1613041053
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61506/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61506/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61506/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61506/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini ialah skenario pembelajaran menggunakan model discovery learning untuk materi teks narasi di SMP kelas VII. Tujuan Penelitian ini ialah mengembangkan sebuah produk skenario pembelajaran menggunakan model discovery learning untuk materi teks narasi di SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) mengacu pada prosedur pengembangan Borg dan Gall yang disederhanakan menggunakan lima langkah penelitian. Kelima langkah tersebut adalah (1)Pengumpulan informasi, (2) Perancangan desain, (3) Validitas desain, (4)Revisi desain, dan (5) Produk akhir. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa sebuah skenario pembelajaran teks narasi yang dikembangkan menggunakan langkah-langkah discovery learning untuk pembelajaran teks narasi siswa SMP kelas VII. Pengembangan skenario telah dinyatakan layak digunakan oleh ahli perancangan pembelajaran. Kelayakan skenario pembelajaran sesuai dengan hasil validasi berdasarkan aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahasa. Validitas ahli materi terhadap aspek kelayakan isi memperoleh skor rata-rata nilai 3,1 dan rerata presentase 78% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi aspek kelayakan penyajian memperoleh skor rata-rata nilai 3 dan rerata presentasi 75% dengan kategori layak dan aspek kelayakan bahasa memperoleh rata-rata nilai 3 dan rerata presentase 75% dengan kategori layak. Kata kunci: skenario pembelajaran teks narasi, model discovery learning, SMP