IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA GEDUNG PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS LAMPUNG
Main Author: | YUDISTIRA DWI SAPUTRA, 1517051237 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61482/1/1.%20ABSTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf http://digilib.unila.ac.id/61482/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61482/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61482/ |
Daftar Isi:
- Sejak tahun 1980, Universitas Lampung memiliki pusat informasi dan dokumentasi berupa perpustakaan untuk meningkatkan kualitas dalam menerapkan Tridharma Perguruan Tinggi. Setiap tahunnya, Unila membuka penerimaan mahasiswa baru, sehingga Unila perlu memperkenalkan fasilitas-fasilitas yang dimiliki, salah satunya adalah perpustakan. Proses untuk mencari ruangan atau lokasi buku akan membutuhkan waktu dan ketelitian yang ekstra, dikarenakan terdapat banyak ruangan di Gedung Perpustakaan. Untuk itu, teknologi Augmented Reality (AR) dapat digunakan untuk visualisasi Gedung Perpustakaan Unila. AR diimplementasikan pada smartphone Android sehingga diharapkan dapat mempermudah masyarakat terutama mahasiswa baru Unila dalam mencari informasi terkait perpustakaan Unila. Pengguna dapat berinteraksi secara real time dalam bentuk 3D. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan Virtual Tour dengan objek yang ditampilkan. Metode pengembangan sistem pada penelitian ini menggunakan RUP (Rational Unified Process). Pembuatan model 3D Perpustakaan dilakukan menggunakan Google SketchUp. Aplikasi AR Perpustakaan Unila ini dapat memindai marker dengan menggunakan teknologi Marker Based Tracking dan menampilkan denah gedung bagian luar maupun tiap ruangan yang ada di dalamnya. Berdasarkan hasil data penilaian aplikasi menggunakan kuesioner, aplikasi AR Gedung Perpustakaan Unila mendapat persentase rata-rata index penilaian sebesar 89,11% dari total 30 responden dan termasuk dalam kriteria sangat baik. Kata Kunci: Augmented Reality, Marker Based Tracking, Perpustakaan, Universitas Lampung, Rational Unified Process.