PENINGKATAN EFIKASI DIRI DALAM BELAJAR MELALUI KONSELING KELOMPOK TEKNIK MODELING PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 25 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

Main Author: IIN MARSELA, 1513052057
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61474/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61474/15/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61474/16/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61474/
Daftar Isi:
  • Masalah penelitian adalah efikasi diri rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok teknik modeling untuk meningkatan efikasi diri dalam belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah quasi exsperiment dengan desain non equivalent control group design. Subjek penelitian menggunakan kelompok eksperimen sebanyak 8 orang dan kelompok kontrol sebanyak 8 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala efikasi diri. Hasil analisis data dengan uji Mann Whitney test menunjukan nilai p = 0,002, p< 0,05, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian juga menunjukan terjadi peningkatan efikasi diri sebesar 18,53% setelah diberikan perlakuan konseling kelompok teknik modeling. Kesimpulannya adalah konseling kelompok teknik modeling dapat meningkatkan efikasi diri dalam belajar siswa kelas IX SMP Negeri 25 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2019/2020. Kata Kunci: efikasi diri, konseling kelompok, modeling The research problem is low self-efficacy. The purpose of this research was to determine the effectiveness of modeling techniques group counseling in improving self-efficacy.The method used in this research was quasi experiment design of non equivalent control group design. The research subjects used an experimental group of 8 people and a control group of 8 people. Data collection techniques used a self-efficacy scale. The results of data analysis using the Mann Whitney test showed the value p=0.002, p < 0.05, its mean that Ho was rejected and Ha was accepted. The results also showed an increase in self-efficacy by 18.53% after being given the group counseling modeling technique. The conclusion is that modeling technique group counseling can improve the self-efficacy of class IX students of SMP Negeri 25 Bandar Lampung in Academic Year 2019/2020. Keywords: self-efficacy, group counseling, modeling.