PENGARUH NAMA BAIK (GOODWILL)DAN MODAL INTELEKTUAL (INTELLECTUAL CAPITAL)TERHADAP NILAI PASAR PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Mencantumkan Nama Baik (Goodwill)Dalam Laporan Keuangannya Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)
Main Author: | MELLISA LINER SITUMORANG, 1511011039 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61465/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/61465/3/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61465/2/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61465/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Nama baik (Goodwill)dan Modal Intelektual (Intellectual Capital)terhadap Nilai pasar perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, yang dilakukan pada seluruh perusahaan Manufaktur yang mencantumkan Nama Baik (Goodwill) dalam laporan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Nama Baik (Goodwill)nilainya terdapat pada laporan keuangan. Variabel yang digunakan untuk mengukur Modal Intelektual (Intellectual Capital)adalah VAIC TM (Value Added Intellectual Coefficient), sedangkan Variabel Nilai Pasar Perusahaan diukur dengan harga saham perusahaan. Sampel dalam penelitian sebanyak 16 perusahaan dengan menggunakan metode sampling sensus. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis serta uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas dengan tingkat signifikansi alpha 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nama Baik (Goodwill) dan Modal Intelektual (Intellectual Capital)memiliki pengaruh positif terhadap Nilai Pasar Perusahaan. Kata kunci : Nama Baik (Goodwill), Modal Intelektual (Intellectual Capital), Nilai Pasar Perusahaan This study aims to determine the effect of Goodwill and Intellectual Capital on the companies market value listed on the Indonesia Stock Exchange, which conducted on all Manufacturing companies that include a Goodwill in their financial statements listed on the Indonesia Stock Exchange in 2014-2018. Measurement value of Goodwill was on the financial statements. The variable used to measure Intellectual Capital is VAIC TM (Value Added Intellectual Coefficient), while the Company Market Value Variable was measured by companies stock price. The sample in this study were 16 companies using the census sampling method. The analysis technique used was multiple linear regression analysis, hypothesis tests and classic assumption tests which included normality test, multicollinearity test, autocorrelation test, and heteroscedasticity test with 5% of alpha significance level. The results showed that Goodwill and Intellectual Capital had a positive effect on the company market value. Keywords : Goodwill, Intellectual Capital, Company Market Value