PENGARUH STRATEGI SOCIO SCIENTIFIC ISSUE(SSI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI PESERTA DIDIK KELAS X SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG

Main Author: MUTIARA CAESARA ANDRI, 1513024027
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61462/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61462/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61462/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61462/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK PENGARUH STRATEGI SOCIO SCIENTIFIC ISSUE(SSI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI PESERTA DIDIK KELAS X SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG Oleh MUTIARA CAESARA ANDRI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Socio Scientific Issue pada pembelajaran keanekaragaman hayati terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA YP Unila Bandar Lampung, mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik SMA YP Unila Bandar Lampung pada pembelajaran keanekaragaman hayati antara strategi pembelajaran Socio Scientific Issue dengan konvensional, dan mengetahui respon peserta didik SMA YP Unila Bandar Lampung terhadap strategi pembelajaran Socio Scientific Issue. Desain penelitian ini adalah pretest-postest control group desain. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA VII dan X MIA VIII SMA YP Unila Bandar Lampung berjumlah 56 orang dan ditentukan melalui teknik random sampling. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif diperoleh dari nilai pretest dan postest yang terdiri dari 10 soal essai. Berdasarkan data yang didapatkan, rata-rata N-gain yang diperoleh peserta didik pada kelas eksperimen yakni sebesar 0,51 dibandingkan dengan rata-rata N-gain rata-rata N-gain yang diperoleh peserta didik pada kelas kontrol yakni sebesar 0,27. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik, maka dilakukan uji statistik terhadap nilai N-gain yang dianalisis menggunakan uji Independent Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Socio Scientific Issue (SSI) mempengaruhi kemampuan berpikir kritis pesera didik SMA YP Unila Bandar Lampung pada materi keanekaragaman hayati. Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, keanekaragaman hayati, Socio Scientific Issue (SSI)