HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI GUGUS MELATI KOTA AGUNG PUSAT

Main Author: MELIZA YUSDASARI, 1513053173
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/61456/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61456/2/2.%20SKRIPSI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61456/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/61456/
Daftar Isi:
  • ABSTRACT THE RELATIONSHIP BETWEEN LEARNING ENVIRONMENTS AND LEARNING MOTIVATION TOWARD TO THE STUDENTS LEARNING OUTCOMES 5TH GRADE OF SD NEGERI GUGUS MELATI KOTA AGUNG PUSAT By Meliza Yuzdasari The problem of this research was the low student learning motivation which made impact to the low score of student learning result. The purpose of this study is to study relationship between positive and significant the environment and learning motivation towards learning outcomes. This type of research was ex-post facto correlation with 250 student. The sampling technique use probability sampling techniques and obtained as many as 73 students as research samples. The results showed a positive and significant relationship between the learning environment and learning motivation towards the learning outcomes of grade V students of SD Negeri Gugus Melati Kota Agung Pusat. Key words: learning outcomes, environments, motivation. ABSTRAK HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI GUGUS MELATI KOTA AGUNG PUSAT Oleh MELIZA YUSDASARI Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi dengan populasi berjumlah 250 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dan diperoleh sebanyak 73 peserta didik sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Melati Kota Agung Pusat. Kata kunci: hasil belajar, lingkungan, motivasi.