EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ALQURUN TEACHING MODEL DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Terusan Nunyai Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020)
Main Author: | RIA HIDAYANI , 1513021054 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/61455/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/61455/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/61455/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/61455/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran alqurun teaching model ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Terusan Nunyai semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang terdistribusi dalam 4 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian ini ialah the randomized posttest-only control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis siswa. Dengan menggunakan uji-t dengan α = 0,05 dan uji proporsi, diperoleh hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa pada kelas alqurun teaching model lebih tinggi daripada siswa pada kelas konvensional, tetapi proporsi siswa dengan kemampuan representasi matematis dengan nilai minimum 72 tidak lebih dari 60% jumlah siswa yang mengikuti alqurun teaching model. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa alqurun teaching model tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, kemampuan representasi matematis, pembelajaran alqurun teaching model